Senin, 27 Januari 2014

JALAN RABAT BETON MEMUDAHKAN KAMI KE SAWAH




NEWS. Kecamatan Bermani Ulu, Rejang Lebong. Upaya Membangun desa memberikan tantangan baru dalam peningkatan Kualitas hasil Pembangunan dan  kapasitas masyarakat untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraanmasyarkat. Kemandirian diartikan bahwa desa bisa maju, kokoh, berdaulat, dan memiliki otonomi dalam merencanakan pembangunan, harus mempunyai strategi. Strategi dimaksu adalah pola kepemimpinan dan pembangunan desa yang bertumpu pada potensi dan sumber daya daya manusia dan sumber daya alam  demikian diungkapkan  Kepala Desa Kampung Sajad (Marno) kepada  Fasilitator Tenik (Denta Ariwijaya).

Lebih lanjut pak Marno menuturkan, kalau tidak dengan kegiatan PNPM-MPd dari mana kita mendapat dana untuk membangun jalan rabat beton di tengah sawah sepanjang 500 meter.


Pada Tahun 2013 Program Nasional Pemberdayaan Masyrakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) kecamatan Bermani Ulu, Rejang Lebong, mendapat Alokasi Dana BLM PNPM-MPd Rp. 3.000.000.000,- dikelola UPK Bermani ulu, diantaranya kegiatan SPP Khusus Perempuan dan Kegiatan Pembangunan Sarana Prasarana. Dari total 12 
Desa terdanai, salah satunya, adalah Desa kampong sajad, dengan kegiatan pembangunan Jalan Rabat Beton sepanjang 500 Meter, lebar 1,5 Meter, Jembatan Beton 3 unit dan TPT sepanjang 338 Meter. Dengan dana seluruhnya sebesar Rp. 185.544.000,- dan pada kondisi per- januari 2014 pada posisi tahap penyelesaian Tiang Sandaran dan  pemasangan pipa selusuran. 


insya allah pada bulan januari 2014 akan dilakukan finising penyeleasaian 100% dan akan dilanjutkan MDST.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar