Senin, 03 November 2014

PARTTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN DESA



NEWS. SindangKelingi ( 23 10 14) pekerjaan drainase desa Belitar Seberang dengan panjang 140 m dan  dengan dana          sebesar Rp. 93.343.100,- Pelaksanaan Kegiatan Darainase ini dilaksanakan  Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Belitar Seberang sejak bulan  Juli -  Oktober 2014, atau tepatnya  7 Oktober 2014.
TPK sesuai tugas dan tanggung jawab yang diamanahkan oleh masyarakat lewat Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MusrenbangDes), menjadi penggerak kegiatan pembangunan drainase. Usulan ini sudah lama menjadi sebuah kebutuhan Masyarakat Belitar Seberang, dimana sebelum Drainase dibangun hampir setiap musim hujan banjir selalu menggenangi perkarangan rumahnya, hal ini juga diperparah dengan sering tergenangnya saluran pembuangan, tempat nyamuk bersarang.
Malaria adalah penyakit yang  sering dirasakan oleh  masyarakat. Persahabatan dengan malaria ini sangat tidak baik. Sehingga Pada Tahun 2013 Mereka mengusulkan kepada PNPM-MPd untuk didanai. Perjuangan masyarakat untuk mewujudkan darainase ini tidak ringan, berbagai tahapan mulai pelatihan pembuatan proposal dan pembuatanya, yang dilanjutkan dengan verifikasi kelayakan usulan sampai pada prioritas usulan.
Pada setiap tahapan Masyarakat berpartisipasi sangat aktif. Penyusunan disain dan RAB merupakan momentum yang sangat penting dirasakan oleh masyarakat untuk meletakan kerangka konstruksi dan kemanfaatan bagi masyarakat menjadi aspek yang utamakan oleh masyarakat.namun Hari ini Perjuangan yang mahadahsat ini menjadi tidak sia-sia, rasa syukur dipanjatkan Kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa dengan Memotong seekor Kambing dan do’a bersama. Terima Kasih Tuhandan Terimakasih  PNPM-MPd, serta putus hubungan dengan nyamuk selamanya. He. He (Fakhrizal Gusti, S. Sos.-FK Kec. Selupu Rejang).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar