Senin, 03 November 2014

NIAT DAN KERJA SAMA YANG BAIK, OPTIMALKAN DALAM WUJUD KEBERSAMAAN MEMBANGUN DESA.



NEWS. Kecamatan Bermani Ulu, Rejang Lebong (23 02 2014 ). Upaya Membangun desa memberikan tantangan baru dalam peningkatan Kualitas hasil Pembangunan dan  kapasitas masyarakat untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan masyarkat. Kemandirian diartikan bahwa desa bisa maju, kokoh, berdaulat, dan memiliki otonomi dalam merencanakan pembangunan, harus mempunyai strategi. Strategi dimaksu adalah pola kepemimpinan dan pembangunan desa yang bertumpu pada potensi dan sumber daya daya manusia dan sumber daya alam  demikian diungkapkan  ketua Tim Pengelola Kegiatan Desa Pagar Gunung (Buksir Efendi) yang Akrab dipanggil “CIU “kepada  Fasilitator Tenik (Denta Ariwijaya).

Lebih lanjut pak Buksir alias CIU menuturkan, kalau tidak dengan kegiatan PNPM-MPd dari mana kita mendapat dana untuk membangun jalan rabat beton Ke Kebun sepanjang 850 meter.dengan Lebar 1,5 Meter.

Pada Tahun 2014 Program Nasional Pemberdayaan Masyrakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) kecamatan Bermani Ulu, Rejang Lebong, mendapat Alokasi Dana BLM PNPM-MPd Rp. 3.000.000.000,- dikelola UPK Bermani ulu, diantaranya kegiatan SPP Khusus Perempuan dan Kegiatan Pembangunan Sarana Prasarana. Dari total 12 Desa terdanai, salah satunya, adalah Desa Pagar Gunung, dengan kegiatan pembangunan Jalan Rabat Beton sepanjang 850 Meter, lebar 1,5 Meter, Jembatan Beton 1 unit dan Plat Decker 1 Unit. Dengan dana seluruhnya sebesar Rp. 229.191.000,- dan pada kondisi per- 22 Oktober 2014 pada posisi tahap penyelesaian Jalan Rabat beton Sepanjang 50 Meter Saja. Dengan bantuan Masyarakat, Pemerintahan desa, dan jajaran Pelaku PNPM-MPd serta Pendamping Lokal yang selalu aktif mendampingi FT ke Lapangan akhirnya Kegiatan Ini bisa Terpantau dengan Baik.
insya allah pada bulan Desember 2014 akan  dilanjutkan MDST.Usulan Ini tahun 2013, di usulkan oleh kelompok Masyarakat dan  akhirnya Pada Saat Musrenbang Kecamatan tahun 2014, ditetapkanlah Prioritas usulan-usulan Desa. Butuh Niat dan Kerja sama yang Baik dan Optimal untuk Mewujudkan Kebersamaan dalam Tim guna Manfaat Membangun Desa. (Denta Ariwijaya, Fasilitator Teknik) .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar