Senin, 03 November 2014

BUDIDAYA BURUNG PUYUH MEMBAWA BERKAH



NEWS. Selupu Rejang (23/10/2014). Peningkatan kapasitas  kelompok Perempuan Budi Daya Burung Puyuh di desa Sambirejo pada Tahun 2014 dari dana BLM PNPM MPd yaitu sebesar Rp. 55.000.000,-. yang di laksanakan pada bulan Juli 2014 dengan melibatkan kelompok Simpan Pinjam Perempuan (SPP) Seroja beranggotakan  20 orang. Dengan Tim Pengelola Kegiatan (TPK)  Ketua (Santoso), Sekretaris (Ari), dan Bendahara (Tahara).
Kegiatan berawal dari usulan kelompok di desa, yang kemudian di tetapkan di Musrenbang Desa Sambirejo. Verifikasi kegiatan dilakukan oleh TimVerivikasi yang didampingi Oleh UPK Serta FK/FT.
Pelatihan Usaha Ternak Burung Puyuh ini berlangsung di Desa Sambirejo selama 6 hari. Meskipun pelatihan dilakukan pada  bulan puasa namun perserta tetap antusias mengikuti kegiatan pelatihan. Sebab peserta sangat membutuhkan pelatihan tersebut untuk menambah ilmu baru dan mendapatkan penghasilan tambahan keluarga dari usaha ternak burung puyuh.
Selain materi yang di berikan pelatih (Bpk Kusri dari Pengelola Burung Puyuh Di Curup) peserta mengikuti  praktek pemeliharaan Burung Puyuh secara langsung.
Setelah kegiatan kelompok dan administrasi selsai pada bulan September 2014 TPK desa Sambirejo melaksanakan MDST (Musyawarah Desa Serah Terima).
Sampai sekarang kelompok berhasil memanen dan mengembangkan Telur Puyuh sehari lebih Kurang 5 Kg. Terima Kasih PNPM MPd Kabupaten Rejang Lebong.BANGGA MEMBANGUN DESA. (Sumber Setio Hani UPK Kec. Selupu Rejang)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar