Senin, 03 November 2014

BANGGA MEMBANGUN DESA BERSAMA PNPM-MANDIRI PEDESAAN



NEWS.Sindang Kelingi (23 oktober 2014).Kegiatan jalan rabat beton di desa pelalo dengan volume fisik 700 meter dilaksanakan oleh masyarakat desa pelalo dengan dana Rp.189.910.500 didanai oleh program PNPM-Mandiri Pedesaan. Jalan rabat beton ini dilaksanakan pada tahun 2013 yang diusulkan oleh masyarakat desa pelalo ke PNPM-MPd melalui musrenbangdes dan musrenbangcam.  
Dalam pengerjaanya, jalan rabat beton ini dikerjakan oleh masyarakat miskin desa pelalo yang dimulai dari tanggal 5 agustus 2013 dan musyawarah desa terima ( MDST ) pada tanggal 15 november 2013 .Selain mendapatkan jalan rabat beton masyarakat desa pelalo juga mendapatkan uang dari upah pekerja dan tukang sehingga bisa menambah pendapatan uang masyarakat.




Sebelum jalan ini dibangun, masyarakat desa pelalo mengalami kendala dalam memanfaatkan jalan akibat dari banyaknya genangan air dan tidak ratanya permukaan tanah.Setelah jalan ini dibangun jalan menjadi lebih mudah dilewati,dan tidak terdapat lagi genangan air di badan jalan.Sehingga masyarakat benar-benar merasakan dampak positif yang luar biasa dari kegiatan jalan rabat beton yang didanai oleh PNPM-MPd ini.
Saat ini setelah adanya jalan rabat beton masyarakat lebih mudah didalam mengangkut hasil pertanian yang berupa sayur-sayuran,kopi,gula merah dan lain sebagainya. (Yayang Anto Fauza-FT Kec.Sindang Kelingi Kab.Rejang Lebong Prov.Bengkulu).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar