Senin, 02 Desember 2013

MENANTI HARAPAN PASTI MELALUI PROGRAM PNPM-MPd

Oleh : Harsandi, ST (FT Kec. Padang Ulak Tanding)





Desa Guru Agung Kecamatan PU Tanding, Kabupaten Rejang Lebong (Juli, 12/2013) warga merasakan sentuhan manisnya Program PNPM-MPd sejak Tahun 2007-2013.Pada tahun 2013 melalui dana PNPM-MPd mendapat kucuran Dana sebesar Rp. 190.816.000,- untuk Pembangunan Jembatan Gantung dengan Volume sepanjang 35 Meter. Hal ini merupakan hasil kesepakatan  warga mengusulkan kebutuhan akan Pembangunan Desanya pada Musrenbangdes pada Tahun 2012. Sebagaimana Bpk acong (28), seorang petani kepada Faskab, FK/FT, UPK dan PL yang berkunjung ke lokasi yang semulanya mereka bingung jembatan seperti apa yang akan di bangun sebagai sarana penyebrangan untuk membawa hasil bumi nya seperti karet dan kopi di mana waktu pelaksanaan pembangunan dilakukan beberapa tahapan yang di mulai pembangunan pondasi pilon yang tinngi  dan tiang penambat dimana pada waktu pembangunan pondasi pilon dengan setinggi 2,5M dari tanah. Jadi mereka bingung mau lewat darimana lewat jembatan ini.
Karena tinggi dari tanah dan dulu meraka membawa hasil bumi dengan membawa motor dan melewati sungai kati. Dan yang menjadi kendala bagi mereka apabila musim hujan air akan naik dan meraka tidak bisa menyebrang untuk membawa hasil kebun mereka. Jadi kalau jembatan ini dibuat dengan dana PNPM-MP dan selesai mereka sangat berterima kasih sekali kepada PNPM-MP yang telah membangun jembatan di desa kami karena kami pada musim hujan dan air naik kami tidak lewat untuk membawa hasil kebun yang menjadi pencarian pokok kami dan tidak lewat sungai lagi tapi bisa membawannya dengan mamakai motor atau sepeda .
Setelah pembangunan jembatan gantung berjalan sampai pembanguanan pondasi pilon seperti di bawah ini. Ada beberapa masyarakat terkejut melihat pembangunan jembatan gantung yang dianggap mereka rumit tapi kenyataan nya tidak. Cuma mereka perlu  bertanya ke falisator teknik kecamatan dan melihat cara pengerjaan nya.
Setelah jembatan gantung rampung kira-kira 90% barulah masyarakat melihat dan akan merasakan dengan adanya PNPM-MP di desa mereka mereka merasa sangat terbantu sekali dalam miningkatkan taraf hidup mereka. Dengan jembatan gantung ini kami masyarakat desa gurun agung sangat bersyukur dan mensyukuri digangunnya jembatan gantung di desa kami guru agung krn sudah lama sekali kami mengidamkan jembatan gantung ini Cuma kami masyarakat desa guru agung bingung mau mengadu dan mengusulkan kemana. Jadi kami masyarakat Desa Guru Agung sangat berterima kasih sekali kepada PNPM-MP yang telah membangun Jembatan Gantung di desa kami Desa Guru Agung. 

 Terima Kasih kepada pelaku PNPM-MP Tingkat Kecamatan PU Tanding :
 1.    Camat PU Tanding ( Mulyanda Darmaputra )
2.    PjOK Kec PUT ( Iwa Budi Suhantoro )
3.    FK Kec PUT ( W. Febriyanto, SP )
4.    FT Kec PUT ( Harsandi Sadli, ST )
5.    Ketua UPK    Kec PUT ( Suhairi )
6.    Bend UPK Kec PUT ( Endang )
                7.    Sek UPK Kec PUT ( Evi )
                  8.    PL Kec PUT ( Riswan )





Tidak ada komentar:

Posting Komentar